Informatika UNRI taja Workshop Pendirian Jurnal

Dalam upaya untuk mendorong pengelolaan publikasi ilmiah yang berkualitas, Program Studi Teknik Informatika Universitas Riau mengadakan workshop yang bertema “Pendirian dan Pengelolaan Jurnal Ilmiah.” Acara ini dilaksanakan pada tanggal 26 November 2022 di Hotel Swiss Bell, Pekanbaru. 

Workshop ini dihadiri oleh Kaprodi dan para dosen Teknik Informatika dengan pemaparan materi workshop yang di sampaikan oleh Dr. Ir. Yuhefizar, S.kom, M.Kom. Beliau merupakan Direktur Publikasi Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PNP, dan Koordinator Jurnal Indonesian Society Applied Science (ISAS) yang tentunya telah memiliki pengalaman yang luas dalam pendirian dan pengelolaan jurnal ilmiah. 

Dalam pemaparannya, Dr. Ir. Yuhefizar S.kom, M.Kom. menyampaikan bagaimana pentingnya komitmen pengelola jurnal, jika jurnal tidak dikelola dengan baik, maka jurnal dapat turun akreditasi dan atau dicabut akreditasinya. Workshop ini juga membahas apa saja persiapan dalam membangun dan mengelola jurnal diantaranya yaitu bagaimana menetapkan nama jurnal, menetapkan lembaga penerbit jurnal, tim editor jurnal, mitra bestari jurnal, kemudian menyiapkan panduan penulis dan template artikel,  bagaimana menentukan jadwal terbit, vol, issue, serta mengurus e-ISSN.

 

Selain itu, peserta workshop juga diberikan pemahaman tentang etika publikasi, pemahaman mengenai hak cipta, lisensi dan implementasi di jurnal serta memahami metode review. Pada bagian terakhir workshop, Dr. Ir. Yuhefizar membagikan pengetahuan tentang bagaimana menyiapkan website jurnal dan kelengkapan informasi lainnya serta mengetahui tata kelola website, memahami indeksasi, google scholar, DOAJ, serta  akreditasi jurnal. 

Setelah suksesnya workshop pendirian dan pengelolaan jurnal ilmiah, Program Studi Teknik Informatika menerapkan langsung pengetahuan yang diperoleh. Pada awal tahun 2023 telah resmi terbentuk jurnal systec dengan Dr. Dahliyumanto, MSc sebagai editor in chief. Diharapkan jurnal Systec akan menjadi platform yang mendorong publikasi artikel ilmiah yang berkualitas di Program Studi Teknik Informatika Universitas Riau.

Penulis : Dhea Amanada Ramadhan

Editor : Dian Ramadhani

Berita

Kolaborasi Akademisi dan Praktisi dalam Pembelajaran Basis Data Lanjut di Teknik Informatika Universitas Riau
22 May 2024By
Pendaftaran Pelaksanaan Pelatihan Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) 2024
21 May 2024By
Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Mengikuti Acara Global Network for Advanced Management: Global Network Weeks (GNW) di Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia
10 May 2024By
Meningkatkan Standar Profesionalisme Sukses Ujian Sertifikasi BNSP bagi Dosen Teknik Informatika Universitas Riau
10 May 2024By
Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Raih Top 12 dan Juara Atribut Persahabatan Kampus Provinsi Riau 2024
25 February 2024By

Event

Meningkatkan Standar Profesionalisme Sukses Ujian Sertifikasi BNSP bagi Dosen Teknik Informatika Universitas Riau
10 May 2024By
Salah Satu Dosen Teknik Informatika Menjadi Narasumber Pada Acara Pembekalan Media dan Publikasi di Korem 0311/Wira Bima
20 February 2024By
Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Kompetensi (BNSP) Program Studi Teknik Informatika Universita Riau
29 December 2023By
3 Mahasiswa Teknik Informatika Unri berhasil Meraih Sertifikasi Internasional Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)
25 December 2023By
Mahasiswa Teknik Informatika UNRI Jadi Pembicara dalam Program Radio Sore Ceria RRI Pro 2 Pekanbaru Membahas “Artificial Intelligence in Medical Education”
9 December 2023By

Poster Mahasiswa

Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Juni 2024
16 May 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Mei 2024
6 May 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan April 2024
20 March 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Maret 2024
6 February 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Februari 2024
8 January 2024By