Pages Navigation Menu

Informatics Engineering - University of Riau

Rapat Kerja dan Koordinasi Pengembangan Fakultas Teknik Universitas Riau Tahun 2018

Rapat Kerja dan Koordinasi Pengembangan Fakultas Teknik Universitas Riau Tahun 2018

Rapat kerja dan Koordinasi Pengembangan (Rakorbang) Fakultas Teknik Universitas Riau (FT UNRI) tahun 2018 digelar tanggal 25-27 Januari 2018 di Medan. Selain Rakorbang FTUR juga melakukan penandatanganan MoA dengan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (FT-USU). Kerjasama FT UNRI dengan FT-USU ini mencakup seluruh aspek Tridharma Perguruan Tinggi.

Pada hari pertama, rakorbang diisi dengan ramah-tamah dan sekaligus tanda tangan MoA antara FT UNRI dengan FT-USU. Acara ini berlangsung dengan pengantar kedua belah pihak yaitu dekan FT UNRI dan FT-USU. Kedua belah pihak sangat optimis bahwa kerjasama ini mampu mendorong kemajuan kedua institusi teknik ini ke depannya, bersama-sama memajukan kawasan regional barat. Kedua institusi teknik terbesar ini sepakat untuk saling mengisi dan saling tukar sumber daya yang dimiliki demi kemajuan bangsa.

Acara penandatanganan MoA antara Dekan FTUNRI dengan Dekan FT-USU

Acara penandatanganan MoA antara Dekan FTUNRI dengan Dekan FT-USU

Rakorbang FTUNRI tahun ini membawa tema “menuju Program Studi berakreditasi A”. Rakorbang pada hari pertama Sesi I diisi dengan penyampaian eavaluasi program/kegiatan yang sudah berjalan dan rencana tahun 2019 oleh pimpinan fakultas.

Pada hari pertama Sesi II diisi oleh pemaparan oleh ketua jurusan di lingkungan FT UNRI secara bergantian dimulai dari Ketua Jurusan Teknik Sipil, Ketua Jurusan Teknik Elektro, Ketua Jurusan Teknik Kimia, Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Ketua Jurusan Arsitektur. Masing-masing Ketua Jurusan memaparkan capaian dan evaluasi program/kegiatan yang sudah dilaksanakan tahun 2017 dan rencana program/kegiatan pada tahun 2019. Ketua Jurusan Teknik Elektro, Nurhalim, memaparkan 53 Program/Kegiatan yang akan dijalankan dalam kurun waktu 2017-2021 untuk menyukseskan program studi berakreditasi ‘A” dalam mendukung tema rakorbang tahun 2018.

Tim peserta rakorbang Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau.

Tim peserta rakorbang Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau.

Dari pemaparan seluruh ketua jurusan menunjukkan komitmen jurusan/program studi untuk mewujudkan program studi berakreditasi A, hal ini terlihat dari berbagai bentuk program yang sudah dilaksanakan dan direncanakan.

Status akreditasi program studi merupakan isu yang sangat penting beberapa tahun terakhir. Tingkat akreditasi program studi menjadi alat persaingan lulusan untuk dapat melamar suatu pekerjaan, bahkan sudah banyak dunia kerja mewajibkan program studi akreditasi A bagi pelamar. Kenyataan ini harus dapat dijawab dengan baik oleh jurusan/program studi yang ada di lingkungan FT UNRI. Melalui rakorbang inilah diharapkan tercapainya sinergi setiap program/kegiatan tingkat fakultas dan jurusan dalam mensinergikan program/kegiatan untuk capaian akreditasi prodi lebih baik (NH).