Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Muncul Sebagai Pemenang di Bussiness Idea Competition Universitas Teknologi Malaysia

Pada tanggal 28 Desember 2021, empat mahasiswa dari program studi Teknik Informatika Universitas Riau, yaitu Imperia Sinaga, Cevin Samuel, Wahyu Aldiansyah, dan Ega Rahmatul Husni, mengambil bagian dalam Bussiness Idea Competition yang diadakan oleh Universitas Teknologi Malaysia (UTM) melalui Online Global Classroom (OGC). Tema yang diberika adalah “Big Data for Halal Industry”. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan mahasiswa dalam pengembangan ide bisnis.

Kompetisi ini dilaksanakan secara daring, melalui platform Facebook Live School of Computing, yang memungkinkan peserta dari berbagai universitas dan negara untuk berpartisipasi tanpa harus berkumpul secara fisik. Empat mahasiswa dari Universitas Riau (UNRI) mengambil bagian dalam kompetisi ini, bersaing dengan peserta dari berbagai universitas lainnya.

Kompetisi ini dilaksanakan pada tanggal 28 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Pada tanggal 28 Desember 2021, diadakan public lectures dan pengumuman tugas yang akan dikerjakan oleh peserta. Sementara itu, pada tanggal 1 Januari 2022, dilaksanakan project pitching, di mana peserta mempresentasikan ide bisnis mereka, dan pengumuman pemenang.

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Muncul Sebagai Pemenang di Bussiness Idea Competition Universitas Teknologi Malaysia

Keempat mahasiswa Teknik Informatika dari Universitas Riau yang berpartisipasi adalah Imperia, Cevin, Wahyu, dan Ega. Mereka mewakili universitas mereka dengan semangat tinggi dan tekad untuk bersaing dalam kompetisi tingkat internasional. Kompetisi ini juga diorganisir oleh Universitas Teknologi Malaysia (UTM), Universitas Riau (UNRI), dan Institut Teknologi & Bisnis (ITBis) sebagai upaya kolaborasi antaruniversitas untuk mendukung perkembangan ide bisnis mahasiswa.

Partisipasi dalam kompetisi Bussiness Idea Competition UTM memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau untuk menguji kemampuan mereka dalam mengembangkan ide bisnis yang relevan dengan industri makanan halal yang sedang berkembang pesat. Industri ini membutuhkan inovasi yang cerdas, dan kompetisi seperti ini memberikan peluang bagi mahasiswa untuk merancang solusi yang bermanfaat. Kompetisi semacam ini juga membantu mahasiswa untuk mengasah kemampuan berbicara di depan publik, memperluas jaringan profesional, dan mendapatkan pengalaman berharga dalam dunia bisnis.

Keempat mahasiswa tersebut merancang ide-ide bisnis yang inovatif seputar tema “Big Data for Halal Industry” dan menyusun presentasi proyek mereka dengan cermat. Pada tanggal 1 Januari 2022, mereka mempresentasikan ide-ide bisnis mereka secara langsung melalui platform Facebook Live School of Computing, menjelaskan konsep dan potensi bisnis mereka kepada para juri dan penonton yang terhubung secara online. Hasilnya sangat memuaskan, dengan Imperia Sinaga meraih posisi pertama dengan proyek “Halal Food Test Kit,” Cevin Samuel meraih posisi kedua dengan proyek “Halal-Only Online Grocery Platform,” dan Wahyu Aldiansyah serta Ega Rahmatul Husni meraih posisi ketiga dengan proyek “HalalStay.”

Kompetisi Bussiness Idea Competition yang diadakan oleh Universitas Teknologi Malaysia (UTM) melalui Online Global Classroom tidak hanya menjadi ajang untuk berkompetisi, tetapi juga sebagai peluang untuk menjalin kerjasama lintas universitas dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang dan mempresentasikan ide bisnis inovatif. Keberhasilan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau meraih posisi pertama, kedua, dan ketiga menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi mereka di dunia bisnis.

Penulis : Namira Ratu Nilandra

Editor : Feri Candra

Berita

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Raih Top 12 dan Juara Atribut Persahabatan Kampus Provinsi Riau 2024
25 February 2024By
Salah Satu Dosen Teknik Informatika Menjadi Narasumber Pada Acara Pembekalan Media dan Publikasi di Korem 0311/Wira Bima
20 February 2024By
Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Riau Meraih Finalis Pemilihan Putera Puteri Kampus Riau 2024
25 January 2024By
Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Kompetensi (BNSP) Program Studi Teknik Informatika Universita Riau
29 December 2023By
3 Mahasiswa Teknik Informatika Unri berhasil Meraih Sertifikasi Internasional Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)
25 December 2023By

Event

Salah Satu Dosen Teknik Informatika Menjadi Narasumber Pada Acara Pembekalan Media dan Publikasi di Korem 0311/Wira Bima
20 February 2024By
Pelaksanaan Ujian Sertifikasi Kompetensi (BNSP) Program Studi Teknik Informatika Universita Riau
29 December 2023By
3 Mahasiswa Teknik Informatika Unri berhasil Meraih Sertifikasi Internasional Red Hat Certified System Administrator (RHCSA)
25 December 2023By
Mahasiswa Teknik Informatika UNRI Jadi Pembicara dalam Program Radio Sore Ceria RRI Pro 2 Pekanbaru Membahas “Artificial Intelligence in Medical Education”
9 December 2023By
KULIAH UMUM : Career Paths In Cyber Security
10 November 2023By

Poster Mahasiswa

Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Maret 2024
6 February 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Februari 2024
8 January 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Januari 2024
2 January 2024By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan Desember 2023
6 November 2023By
Poster Skripsi Mahasiswa – Bulan November 2023
18 October 2023By